Kamis, 15 Maret 2012

Jalan-Jalan Ke Kota Semarang

Semarang adalah ibukota dari provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Semarang memiliki slogan sebagai Kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat).
Semarang memiliki pantai yang indah sekali, seperti Pantai Marina dan Pantai Maron untuk rekreasi keluarga.  Semarang  memiliki banyak sekali tempat wisata alam, yakni salah satunya adalah Goa Kreo yang setiap setiap tanggal 3 Syawal diadakan upacara Sesaji Rewanda.


Pantai Marina Semarang


Tempat wisata alam "Goa Kreo"

Semarang memiliki seni budaya warak ngendhog dan dugderan yang diadakan rutin menjelang datangnya bulan ramadhan. 


Tradisi "Dugderan" Semarang

Semarang memiliki kota tua Little Netherland yang mencakup kawasan Polder Tawang, Gereja Blenduk, Stasiun Semarang Tawang, Jembatan Berok, Pasar Johar dan Lawang Sewu.
Semarang adalah salah satu tujuan para wisatawan asing dan local untuk berlibur. Tempat wisata lainnya di Semarang, seperti Candi Gedungsongo, Umbul Sidomukti, Tempat Pemancingan Jimbaran, Area Wisata Alam Rawa Pening, Museum Ronggowarsito, Kota Lama, Tugumuda, Klenteng Sam Po Khong, Masjid Agung Semarang, dll.

Candi Gedongsongo Semarang



Umbul Sidomukti Semarang


Kawasan Kota Lama Semarang

Wisata Alam Rawa Pening Semarang


Masjid Agung Semarang




Klenteng Sam Po Khong Semarang


Museum Ronggowarsito Semarang


Tugu Muda dan Lawang Sewu Semarang

Semarang memiliki banyak sekali komunitas. Dan salah satunya adalah Komunitas Tionghoa. Yang menarik dari Komunitas Tionghoa di Semarang, melalui perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata), mengadakan Waroeng Semawis, yakni arena wisata kuliner yang menjual berbagai makanan & oleh-oleh khas Semarang, di daerah pecinan Semarang (daerah Gang Pinggir) setiap akhir minggu (Jumat - Minggu) dan hari libur nasional. Kopi Semawis juga rutin menggelar Pasar Imlek Semawis selama beberapa hari setiap menjelang perayaan Tahun Baru Imlek di Pecinan Semarang.




Waroeng Semawis Semarang

Shopping center di Semarang antara lain:

·        Ciputra Mall yang terletak di kawasan Simpang Lima
·        Matahari Simpang Lima Plaza di kawasan Simpang Lima
·      Java Supermall di kawasan Jomblang, Jalan MT. Haryono dengan Hypermart dan Matahari sebagai anchor tenant.
·        Sri Ratu Dept. Store di Jalan Pemuda dan kawasan Peterongan, Jalan MT. Haryono.
·       Ramayana Dept. Store di kawasan Simpang Lima. (tutup Januari 2010),sekarang di gunakan oleh Ace Hardware.
·        ADA Dept. Store Siliwangi, Majapahit, Setiabudi dan Fatmawati.
·      Duta Pertiwi Mall dengan Carrefour-nya yang terletak di Jalan Pemuda.
·     Paragon City Mall dengan hotel di atasnya, berbentuk kapal, dan malll terbesar di Semarang yang terletak di jalan Pemuda.
·        Central City di jalan majapahit
·        Carefour Srondol

Jangan cemas untuk berlibur di Semarang. Ada banyak sekali referensi penginapan / hotel yang sangat nyaman untuk kamu coba. Hotel berbintang yang terkenal di Semarang yang perlu dicoba adalah Grand Candi, Ciputra, Horison, Santika Premiere (dahulu Graha Santika), Patra Jasa, Novotel, Gumaya, Ibis, Grasia, Santika, dsb.

Semarang juga memiliki gereja peninggalan Hindia-Belanda, yaitu Gereja Blenduk, Gereja Katedral.



Gereja Blenduk Semarang

Tak lengkap kalau mampir ke Semarang, tidak bawa oleh-oleh khas Semarang. Makanan khas Semarang antara lain adalah lumpia Semarang, wingko babat, bandeng presto, bakpia, tahu gimbal, tahu campur, mie kopyok, mie djowo, soto bangkong, janganan/lotek, petis kangkung, rujak cacah, mendoan, tahu petis, blanggem, mentho, timus, tahu susur, tahu pong, gethuk, mehong/sega kucing, sega becak dan gilo-gilo.

Jangan sampai ketinggalan untuk berlibur ke Kota Semarang. Semoga bermanfaat untuk referensi liburan akhir pekanmu :) Terimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar