Sabtu, 04 Februari 2012

MELONGOK JURUSAN TEKNIK PENYIARAN RADIO DI SMK NEGERI 1 SEMARANG



Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN 1 Semarang) memiliki salah satu jurusan keahlian yang terhitung masih seusia jagung. Yakni jurusan TEKNIK PENYIARAN RADIO , yang telah berdiri sejak 2 Mei 2005 lalu. Sekolah SMK Negeri 1 Semarang, resmi memiliki stasiun radio komunitas yang bernama SMAKSA FM dengan frekuensi 107 point 7 fm. Stasiun radio ini dikelola sendiri oleh siswa-siswi, khususnya yang mengambil jurusan teknik penyiaran radio.
Jurusan TPR yang kini menghantarkanku untuk menjadi seorang entertainment sejati. Bahwasanya waktu disekolah dahulu, aku benar benar dididik dan disadarkan bahwa jiwa yang ada didalam tubuhku ini adalah seni. Tak dapat ku pungkiri, pihak sekolah sangat hebat sekali untuk memberiku acuan serta dorongan supaya maju untuk menyongsong kesuksesan.
Beberapa mata pelajaran yang diajarkan untuk jurusan teknik penyiaran radio, yang aku ketahui sewaktu aku sekolah dulu di antaranya seperti : dasar komunikasi radio siaran, dasar kehumasan, prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja, operating skill, anouncher skill, musical touch, naskah siaran, karya jurnalistik, teknik wawancara, iklan radio, E-journalism, jurnalistik media cetak, audio visual, dsb.
Studio radio di SMKN 1 Semarang, kala itu menempati ruang laboratorium yang berada di samping kanan sekolah. Fasilitas yang dimiliki studio radio tersebut diantaranya terdapat dua kabin untuk proses berlangsungnya siaran dan produksi, kemudian dilengkapi oleh laboratorium editing, komputer, serta koleksi lagu-lagu yang lumayan lengkap. Stasiun radio ini juga dilengkapi line telepon yang dipakai untuk interaktif dengan pendengar.
Dengan adanya studio laboratorium penyiaran, diharapkan dapat membantu para siswa-siswi agar lebih terampil.

1 komentar: