Sabtu, 04 Februari 2012

WAWANCARA YANG EFISIEN DAN EFEKTIF


Wawancara adalah bagian dari ilmu jurnalistik. Wawacara juga salah satu faktor penting dalam menggali informasi dari narasumber. Dengan teknik wawancara yang baik dan benar diharapkan tujuan interview akan tercapai. Setiap pelaku wawancara, harus mengetahui teknik wawancara yang efisien dan efektif.
Bagaimana sih supaya kita berhasil dalam melakukan wawancara?

Nih, aku punya beberapa trik wawancara yang efisien dan efektif. Simak yah...

1. Harus memiliki persiapan diri dengan baik dengan cara memahami sepenuhnya cakupan isi kuesioner dan maksud dari setiap pertanyaan.
2. Cermatilah setiap tanda yang menunjukkan catatan kaki ataupun keterangan agar tahu persis maknanya.
3. Camkan dalam hati bahwa kita yang butuh data, bukan responden.
4. Kembangkan dan pertahankan suasana komunikasi yang baik dengan responden dengan cara bersikap ramah , sopan, bersahaja, dan jangan tergesa-gesa.
5. Untuk jenis-jenis pertanyaan yang (agak) sulit dijawab oleh responden, gunakan cara lain dalam bertanya tanpa mengubah makna dari pertanyaan yang tercantum dalam kuesioner.
6. Penggunaan gambar atau denah dalam menggali data yang berkenaan dengan lahan, usaha tani, dan akan sangat membantu mempermudah wawancara.
7. Pada waktu wawancara gunakan satuan-satuan setempat sesuai apa yang dimengerti dengan baik oleh responden. Jangan lupa catat konvensinya dengan satuan yang umum/standar.
8. Selesai wawancara, lihat sekali lagi apakah semua pertanyaan (tentunya mengandung unsur 5w+1h) yang relevan telah ditanyakan dan telah terisi jawabannya.
9. Jika oleh karena suatu hal wawancara terpaksa dihentikan sedangkan wawancara belum selesai, buatlah perjanjian dengan responden waktu penggantinya. Tepati janji tersebut.
10. Selesai wawancara segeralah melakukan editing hari itu juga. Jangan menunda editing lebih dari 12 jam.
11. Kuesioner ini didesain menggunakan banyak kode (pre coded). Waktu editing patuhilah penggunaan kode-kode tersebut.
12. Jika ada kesulitan dan tak dapat memecahkannya, bertanyalah dan minta arahan dari atasan.
13. Pelaksanaan tugas penggalian data dinyatakan telah selesai hanya jika enumerator telah melakukan wawancara dengan lengkap, cermat, dan hasil wawancara telah diedit dengan teliti dan lengkap.
14. Catatlah temuan-temuan yang relevan dengan substansi penelitian tetapi tidak tercantum dalam kuesioner dan tuliskan dalam catatan harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar